Thursday, February 9, 2012

Pendatang Padati Yogyakarta

Kota Yogyakarta kini telah menjadi salah satu tempat tujuan urbanisasi. Pertambahan penduduk yang pesat lebih banyak disumbang oleh pendatang, sementara angka kelahiran hanya sedikit.
Berbagai fasilitas dan citra positif yang dimiliki Yogyakarta dinilai menjadi pendorong orang untuk memilih tinggal dan mencatatkan diri secara administratif menjadi warga kota. Tahun lalu jumlah penduduk yang masuk ke Yogyakarta mencapai 10.591 orang.
Tingginya tingkat urbanisasi di Kota Yogyakarta tidak seimbang dengan pengurangan jumlah penduduk karena perpindahan ke luar kota. Dari 9.883 orang yang mengajukan pindah administrasi kependudukan, hanya 1.067 orang yang pindah menjadi penduduk luar Kota Yogyakarta. Sisanya hanya pindah ke wilayah lain tapi masih dalam Kota Yogyakarta. Atas kondisi tersebut, Dedy menilai program Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan berhasil menahan laju pertumbuhan penduduk di Yogyakarta.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tuty Setyowati mengaku angka kelahiran di wilayahnya rata-rata mencapai 4.000 jiwa setiap tahun. Khusus 2011 lalu jumlah kelahiran mengalami peningkatan sekitar 200 kasus dibandingkan tahun sebelumnya.
Target setiap tahun untuk penambahan akseptor KB ini selalu terpenuhi, setidaknya mencapai 98 persen.

No comments:

Post a Comment