Sunday, January 15, 2012

Awas Angin Kencang

Meski gelombang laut di perairan selatan Jawa mulai surut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengimbau nelayan di pantai selatan DIY tetap mewaspadai angin kencang.
Warga juga diminta waspadai angin puting beliung. Kepala BMKGYogyakarta Muhammad Riyadi mengatakan gelombang laut yang sebelumnya diprediksi mencapai ketinggian 3 meter, mulai Sabtu (14/1) kemarin mengalami penurunan sekitar 1,5–2,5 meter. Meski demikian, para nelayan di perairan selatan DIY diminta tetap mewaspadai angin kencang.
Riyadi mengaku kecepatan angin mencapai 5–34 km/jam. Kecepatan angin itu terbilang tinggi dan berpotensi terhadap gelombang laut. Selain itu,warga yang berada di perkotaan diharapkan tetap mewaspadai angin yang berpotensi terjadinya puting beliung.
Wakil Ketua SAR Wilayah II Gunungkidul,yang juga Ketua Nelayan Pantai Baron Sunardi, ketika dihubungi terpisah mengatakan, meski dalam dua pekan terakhir gelombang laut naik, nelayan menilainya tetap aman. Memang nelayan terganggu dengan angin kencang itu.Angin bergerak dari arah barat daya dan membuat nelayan melakukan pembatasan wilayah dan waktu melaut.
Menurut perhitungan nelayan, lanjut Sunardi, bulan Januari termasuk musim tangkapan ikan.Namun begitu angin yang bergerak kencang mempengaruhi nelayan dalam melaut.
Sebagai anggota SAR, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk memantau kondisi cuaca dan memberikan imbauan kepada nelayan dan wisatawan.

No comments:

Post a Comment