Monday, January 16, 2012

Suporter Bola Dilarang Naik Kereta

PTKAI Daerah Operasional ( Daop) 6 Yogyakarta mengambil kebijakan tegas tidak akan mengangkut calon penumpang kereta api dari supporter sepak bola yang mengenakan atribut.
Langkah tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kericuhan selama perjalanan kereta. Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menerangkan, berdasarkan pengalaman, seringkali kereta mengalami kerusakan saat mengangkut suporter sepak bola.
Sebagaimana diketahui, lanjutan kompetisi Indonesia Premier League(IPL) yang digelar di Stadion Sultan Agung Bantul antara Persija Jakarta dengan Persebaya Surabaya hari ini diperkirakan akan mengundang datangnya para suporter bola ke Yogyakarta. Hingga kemarin siang, terlihat para pendukung tim sepak bola mulai berdatangan. Sebagian besar mereka mengenakan atribut bonek (bondo nekat), suporter Persebaya.
Meski jumlahnya tidak sebanyak Bonek, mereka yang datang juga terlihat mengenakan atribut Viking, suporter Persib Bandung. Sesampainya di Yogyakarta, mereka sebagian berkumpul di Stadion Mandala Krida dan sebagian lagi menyebar di beberapa lokasi sebelum berangkat ke Bantul.Kedatangan suporter bola dari Persebaya itu membuat petugas kepolisian melakukan pengawasan, mengantisipasi adanya aksi yang membuat kerusuhan.
Selain petugas kepolisian berseragam melalui patroli, pengawasan juga dilakukan petugas tak berseragam. Menurut Eko, menyikapi kedatangan suporter sepak bola itu, PT KAI telah bekerja sama dengan kepolisian guna mengantisipasi adanya pendukung beratribut nekat memaksa menumpang kereta usai pertandingan nanti.
Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti mengatakan, hingga kemarin siang belum ada izin yang masuk ke polisi terkait kompetisi yang akan dilakukan. Namun,pada Minggu (15/1) malam kepolisian, panitia penyelenggara, perwakilan dari Persebaya dan Persija melakukan rapat koordinasi terpadu.

No comments:

Post a Comment