Saturday, January 28, 2012

Dirikan Pusat Studi Kesehatan Spiritual

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta meresmikan pusat studi kesehatan Center For Neuroscience Health and Spirituality atau C-NET, Sabtu (28/1).
Pusat studi tersebut diharapkan menjadi embrio pendorong segera terwujudnya Fakultas Kedokteran di UIN. Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Dr Musa Asy’rie mengatakan, berbagai persoalan yang muncul di Indonesia saat ini menunjukkan perlunya menguatkan upaya kesehatan spiritualitas.
Padahal, kesehatan sesuai dengan UU No 36/2009 jelas menegaskan bahwa kesehatan itu juga termasuk persoalan mental, spiritual, dan sosial. Nanti Fakultas Kedokteran UIN Sunan Kalijaga ini akan merealisasikan integrasi antara ilmu kesehatan yang ada sekarang ini dengan kesehatan spiritualitas.
Wakil Menteri Agama Prof Dr Nazaruddin Umar menilai ilmu yang dikembangkan UIN Sunan Kalijaga melalui C-NET berpeluang menciptakan pengetahuan baru. Hal tersebut dapat menjadi jawaban atas berbagai pandangan dalam agama yang sering dinilai tidak riil bahkan cenderung sebagai mistis. Mengutip tulisan seorang penerima hadiah nobel, otak manusia bukan sebagai sebuah sumber.
Menurut Nazaruddin, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan seharusnya disikapi oleh praktisi akademisi untuk segera menyediakan wadah untuk menampung pengembangan ilmu-ilmu baru seperti yang dilahirkan C-NET.

No comments:

Post a Comment