Monday, January 23, 2012

Siapkan 200.000 Vaksin H5N1

Dinas Pertanian Provinsi DIY menyiapkan 200.000 vaksin unggas H5N1 untuk mengantisipasi flu burung selama 2012 ini. Masyarakat diminta waspada mengingat kondisi iklim dan cuaca yang tidak menentu.
Sampai pertengahan bulan ini belum ada kasus flu burung di DIY. Memang sempat ada kejadian ayam mati mendadak di Kulonprogo. Setelah diperiksa, ternyata tidak disebabkan oleh H5N1. Dinas Pertanian terus berkoordinasi internal untuk melakukan pemantauan.
Bahkan, pekan kemarin telah berkoordinasi dengan lima kabupaten/- kota sudah dilakukan. Dia mengingatkan, musim yang ekstrem belakangan ini ditengarai bisa memacu berkembangnya virus H5N1. Panas tinggi yang diikuti hujan rawan menyebabkan kelembaban udara. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan berkembangnya virus.
Nanang menegaskan petugas PDSR (Participatory Disease Surveilance Response) siap memantau perkembangan H5N1. Kalau benar terjadi kasusnya akan diketahui secara cepat dan tepat.
Sekretaris Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kulonprogo Sudarno mengatakan, Pemkab tidak melakukan pengadaan terhadap vaksin tersebut. Semuanya disediakan oleh Pemprov DIY. Pihaknya hanya menyediakan bio security dan disinfektannya.

No comments:

Post a Comment